Akhirnya Ical Mendukung Perpu Pilkada Langsung

Akhirnya Ical Mendukung Perpu Pilkada Langsung

By  |  0 Comments

Jakarta – Partai Golkar akhirnya memutuskan mendukung Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perpu) Pilkada. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie dalam cuitan di akun Twitter-nya, @aburizalbakrie.

“Iya benar itu akun Twitter ofisial Pak Ical, baca saja di Twitter. Itu pernyataan dari Pak Ical langsung,” kata juru bicara Aburizal Bakrie, Lalu Mara, saat dihubungi Tempo, Selasa, 9 Desember 2014.

Dalam cuitannya, Ical menceritakan asal mula ide Perpu. Awalnya, pemilihan kepala daerah tidak langsung atau melalui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah diusulkan pertama kali oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kemudian, usulan tersebut dibahas oleh panitia khusus yang diikuti oleh kader Partai Demokrat. Pada sidang paripurna terakhir, Demokrat walk-out. Karena itu, RUU Pilkada Tak Langsung disetujui karena mendulang suara terbanyak.

Pada awal Oktober 2014, Partai Golkar, Gerindra, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Demokrat bersepakat untuk menyukseskan pilkada melalui DPR. Ical pun menyertakan dokumen kesepakatan tersebut dalam cuitannya.

“Dalam kesepakatan itu juga, pada pasal dua menyatakan, kami bersepakat untuk mendukung Perppu usul pemerintah terhadap UU Pilkada,” cuit Ical.

Ical melanjutkan, Musyawarah Nasional Golkar di Bali merekomendasikan untuk memperjuangkan pilkada melalui DPRD. Rekomendasi tersebut diusulkan oleh 547 pemilik hak suara dan 1.300 peninjau.

Menurut Ical, pilkada tak langsung itu paling sesuai dengan Pancasila sila keempat. Namun ada tiga pertimbangan mengapa akhirnya partai berlambang beringin itu mendukung Perpu. Di antaranya, suara masyarakat yang menginginkan pilkada langsung, kesepakatan awal Oktober di antara enam partai tersebut, serta pembicaraan dengan partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih.

 

Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2014/12/09/078627464/Akhirnya-Ical-Mendukung-Perpu-Pilkada-Langsung

Don't be shellfish, yuk share ...
Email this to someoneDigg thisShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter