Antisipasi Pemotongan 'Liar', Menko Puan: KIP dan KIS Lewat 1 Pintu

Antisipasi Pemotongan ‘Liar’, Menko Puan: KIP dan KIS Lewat 1 Pintu

By  |  0 Comments

Jakarta – Menteri Koordinasi bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) melalui satu pintu. Langkah itu diterapkan untuk memotong ongkos liar di tengah jalan.

“Kami ingin dengan dikeluarkan kartunya ini tidak terkendala seperti dulu. Kami ingin karena 1 pintu rakyat datang ke kantor pos dan bank tidak ada pemotongan di jalan,” ujar Puan saat berbincang di Kemenko PMK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (5/11/2014).

Penyaluran KIP dan KIS akan dilakukan secara bertahap oleh pemerintah sampai dengan tahun depan. Meski masih menemukan kendala, Puan berharap sosialisasi ‘kartu sakti’ Jokowi-JK yang menjadi program prioritas tersebut dapat dilakukan maksimal oleh seluruh kementerian terkait yang berada di bawah Kemenko PMK.

“Dalam rapim saya minta kementerian terkait agar rakyat tidak susah. Kenapa masih susah terlaksana karena mengembalikan kebijakan itu butuh waktu. Ini menjadi PR bagi kementerian terkait sosialisai kartu dan kegunaannya harus disosialisasikan lebih masif,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, anggaran untuk peluncuran KIS masih menggunakan dana dari APBN 2014. Sementara, anggaran untuk KIP belum dapat ditentukan dengan jelas lantaran baru dapat digunakan secara efektif tahun depan.

“KIS sudah bisa dinikmati karena sudah ada identitas di BPJS. Kalau KIP baru bisa tahun ajaran baru tahun depan, alokasi anggarannya baru akan terealisasi tahun depan. Ini akan dibahas tahun depan,” pungkas perempuan yang mengenakan baju terusan batik berwarna cokelat muda itu.

 

Sumber : http://news.detik.com/read/2014/11/05/162615/2739923/10/antisipasi-pemotongan-liar-menko-puan-kip-dan-kis-lewat-1-pintu

Don't be shellfish, yuk share ...
Email this to someoneDigg thisShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter