Izin Ekspor Impor Migas Diperketat

Izin Ekspor Impor Migas Diperketat

By  |  0 Comments

Jakarta – Menteri Perdagangan Rachmat Gobel memperketat izin ekspor – impor minyak dan gas. Peraturan baru ekspor dan impor bahan bakar minyak (BBM), gas bumi, dan bahan bakar lainnya itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan No. 03/M-DAG/PER/1/2015 tanggal 5 Januari 2015. “Kami perlu melakukan pengetatan dan pengawasan ekspor dan impor migas karena merupakan produk strategis dan sumber penerimaan negara,” kata Rachmat di kantornya, Jumat 9 Januari 2015.

Rachmat menyatakan, peraturan baru yang dikeluarkannya itu sekaligus menyempurnakan kebijakan sebelumnya, yaitu Permendag No. 42/M-DAG/PER/9/2009 Tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Minyak dan Gas Bumi (Migas). Dalam Permendag baru ini, sedikitnya ada tiga ketentuan baru yang dibuat Rachmat.

Pertama, seluruh pelaku usaha ekspor dan impor migas diwajibkan melakukan registrasi untuk Importir Terdaftar (IT) dan Eksportir Terdaftar (ET) sebelum mengajukan rekomendasi ke Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) dan mendapatkan Surat Persetujuan Ekspor dan Impor. Sebelumnya, perusahaan tidak perlu endaftar sebagai IT dan ET sebelum mengajukan rekomendasi ke Kementerian ESDM.

 

Kedua, kegiatan ekspor dan impor migas harus mendapat Surat Persetujuan Ekspor dan Impor dari Kementerian Perdagangan setelah ada petimbangan teknis atau rekomendasi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Sebelumnya, ketentuan ekspor dan impor migas hanya perlu persetujuan ekspor dan impor dari Kementerian Perdagangan setelah ada rekomendasai dari Kementerian ESDM, dan tidak diperlukan registrasi ET dan IT.

Ketiga, untuk setiap ekspor dan impor migas wajib dilakukan verifikasi oleh Surveyor Independen yang ditunjuk oleh Menteri Perdagangan.

 

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2015/01/09/092633847/Izin-Ekspor-Impor-Migas-Diperketat

Don't be shellfish, yuk share ...
Email this to someoneDigg thisShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter