JK: Kerugian Lambatnya Kebijakan Jauh Lebih Besar Dari Korupsi

JK: Kerugian Lambatnya Kebijakan Jauh Lebih Besar Dari Korupsi

By  |  0 Comments

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut kerugian pada keterlambatan penyusunan kebijakan jauh lebih besar dibanding korupsi. JK juga menyebut perlu ada efisiensi anggaran.

“Kerugian keterlambatan kebijakan jauh lebih besar daripada korupsi,” ujar JK di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (9/12/2014).

Menurut JK, negara bisa maju jika memiliki kemampuan anggaran dan mampu merancang kebijakan. Dirinya mencontohkan beberapa tahun ke belakang, Indonesia mengalami kekurangan anggaran karena banyaknya subsidi yang dilakukan.

“Anggaran rapat banyak, perjalanan dan kebijakan yang dilakukan terlalu lama,” kata JK.

“Kita harapkan anggaran kita dua kali lipat di tahun depan. Artinya roda pemerintahan dan pembangunan akan berjalan lebih cepat maka dibutuhkan pengawasan lebih baik,” imbuhnya.

JK menjelaskan, kerugian negara akan jauh lebih besar jika tidak ada pekerjaaan yang dilakukan oleh pemerintah. JK mencontohkan berlarut-larutnya kebijakan pembangunan listrik akan menyebabkan keterlambatan di semua sektor dan membuat negara akan rugi besar.

“Terjadi kelambatan. Efeknya subsidi tinggi, masyarakat dapat pekerjaan lambat,” kata JK mencontohkan.

Agar mendapatkan postur anggaran yang sehat, maka pengeluaran yang tidak produktif harus dikurangi. “Itu namanya efisiensi kita pindahkan pengeluaran dari tidak produktif ke produktif,” pungkasnya.

 

Sumber : http://news.detik.com/read/2014/12/09/142106/2772082/10/jk-kerugian-lambatnya-kebijakan-jauh-lebih-besar-dari-korupsi

Don't be shellfish, yuk share ...
Email this to someoneDigg thisShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter