Jokowi Pamer Diplomasi Makan Siang di Forum CEO APEC

Jokowi Pamer Diplomasi Makan Siang di Forum CEO APEC

By  |  0 Comments

VIVAnews – Presiden Joko Widodo menjelaskan soal “diplomasi makan siang” pada pertemuan CEO APEC di Beijing, Senin 10 November 2014. Dia kemudian menulisnya di akun Facebook resminya.

Kendala seperti pembebasan lahan juga saya ungkapkan. Saya ceritakan soal diplomasi makan siang, yang amat khas Indonesia, sebuah dialog yang guyub antara pemerintah dan rakyatnya,” tulis kepala negara yang biasa disapa Jokowi itu. Jokowi bercerita, diplomasi itu biasanya dia pakai untuk

Para CEO yang hadir dalam acara itu, menurut dia, antusias mendengarkan ulasan soal diplomasi makan siang itu. “Semoga ke depan perkembangannya positif,” tulisnya.

Lebih lanjut dia juga mengungkapkan tentang peluang investasi di Indonesia. Bahwa pemerintah akan memperkuat jaringan perhubungan di seluruh kepulauan Indonesia dengan basis maritim yang terintegrasi dengan darat.

“Di depan para pemimpin bisnis saya memang menggunakan bahasa Inggris, tapi nanti di depan pemimpin-pemimpin negara dalam forum resmi APEC saya akan menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa kebanggaan nasional,” katanya.

Pada presentasinya di depan para pemimpin bisnis kawasan Asia Pasifik selama 10 menit, Jokowi memang menggunakan bahasa Inggris tanpa menggunakan naskah. Dia bercerita pengalamannya melakukan negosiasi dengan warga, sebagai salah satu contoh diplomasi makan siang-nya.

Diantaranya terkait dengan proyek pembangunan tol Jakarta Outer Ring Road yang telah berjalan selama 15 tahun, namun terhambat karena masalah pembebasan lahan dengan warga. “Saya kemudian undang mereka makan siang dan makan malam empat kali,” kata Jokowi.

Dia juga memperlihatkan fotonya saat acara makan siang dengan para warga itu, disambut tepuk tangan para pemimpin bisnis.

 

Sumber : http://dunia.news.viva.co.id/news/read/556721-jokowi-pamer-diplomasi-makan-siang-di-forum-ceo-apec

Don't be shellfish, yuk share ...
Email this to someoneDigg thisShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter