Kubu KIH Tak Khawatir Golkar Akan Gagalkan Pilkada Langsung

Kubu KIH Tak Khawatir Golkar Akan Gagalkan Pilkada Langsung

By  |  0 Comments

JAKARTA, KOMPAS.com – Kubu Koalisi Indonesia Hebat (KIH) tidak khawatir dengan rencana Partai Golkar untuk menggagalkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) mengenai mekanisme pemilihan kepala daerah.

“Tidak perlu khawatir, KIH, PPP belum menyikapi perppu ini. Kita akan kaji. Bagi PPP menolak atau menerima. Kecenderungannya kami tetap mendukung perppu,” ujar anggota DPR dari Fraksi PPP Arsul Sani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (3/12/2014).

Menurut Arsul, KIH tidak perlu khawatir jika nantinya Partai Golkar menolak Perppu Pilkada. Pasalnya, kubu KIH di DPR jika ditambah anggota Fraksi Demokrat dan setengah fraksi PPP, maka suara yang mendukung Pilkada langsung akan lebih besar.

Sementara itu, anggota DPR dari Fraksi Nasdem Patrice Rio Capella mengatakan, pernyataan Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie mengenai penolakan perppu yang disampaikan dalam Munas di Bali, hanyalah sebuah bahasa politis terhadap kader partai.

Menurut dia, keputusan partai masih bisa berubah dalam lobi-lobi yang dilakukan sebelum pengambilan keputusan DPR.

“Kami belum bahas apakah betul Golkar akan menolak atau tidak. Nanti akan dibahas dengan seluruh fraksi. Pada tingkat pembahasan akan ada pengambilan suara apakah dipilih atau tidak,” kata Rio.

Aburizal sebelumnya menyerukan sejumlah hal untuk dijalankan Fraksi Golkar di DPR. Salah satu seruan Aburizal adalah meminta Fraksi Golkar menolak Perppu Pilkada yang diterbitkan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut Aburizal, jika perppu itu ditolak, maka UU Pilkada akan berlaku kembali. Hal ini, kata dia, sejalan dengan apa yang diperjuangkan Golkar bersama Koalisi Merah Putih (KMP).

 

 

Sumber : http://nasional.kompas.com/read/2014/12/03/1748029/Kubu.KIH.Tak.Khawatir.Golkar.Akan.Gagalkan.Pilkada.Langsung

Don't be shellfish, yuk share ...
Email this to someoneDigg thisShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter