Luncurkan Tiga 'Kartu'Sakti' Ini Harapan Presiden Jokowi

Luncurkan Tiga ‘Kartu’Sakti’ Ini Harapan Presiden Jokowi

By  |  0 Comments

Jakarta – Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Jokowi siang ini Senin (3/11/2014) meluncurkan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Keluarga Sejahtera di kantor pos Pasar Baru, Jakarta Pusat. Mulai hari ini tiga kartu tersebut akan dikirimkan ke warga yang berhak menerima.

Sampai Desember akhir tahun ini pemerintah berharap KIS, KIP dan KKS bisa didistribusikan ke 19 kota/kabupatem di 9 provinsi. Tahun berikutnya diharapkan tiga ‘kartu sakti’ tersebut bisa didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia. “Anggaran juga akan kami gedein, jadi ini masih step pertama,” kata Presiden Jokowi di kantor pos Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Presiden berharap masyarakat bisa memanfaatkan tiga kartu tersebut dengan sebaik-baiknya. Pengelolaan tiga ‘kartu sakti’ itu di bawah koordinasi Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Humas Kemenko PMK melansir, peluncuran tiga kartu itu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Peluncuran hari ini dilakukan di lima Kantor Pos di Jakarta, yaitu Kantor Pos Pasar Baru, Kantor Pos Kebon Bawang, Kantor Pos Jalan Pemuda, Kantor Pos Mampang, dan Kantor Pos Fatmawati.

Secara bertahap pemerintah akan membagikan kepada 15,5 juta keluarga kurang mampu di seluruh Indonesia, yaitu Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), yang menggantikan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) sebagai penanda keluarga kurang mampu; Kartu HP (SIM card) yang berisi uang elektronik yang digunakan untuk mengakses Simpanan Keluarga Sejahtera; Kartu Indonesia Pintar (KIP), sebagai penanda penerima manfaat Program Indonesia Pintar; dan Kartu Indonesia Sehat (KIS), sebagai penanda penerima manfaat Program Indonesia Sehat.

“Keseluruhan program tersebut merupakan era baru dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat kurang mampu, yaitu melalui kegiatan produktif berupa rekening simpanan, keberlanjutan pendidikan anak serta pemberian jaminan kesehatan yang lebih luas,” kata Bambang Widianto, Sekretaris Eksekutif Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Simpanan Keluarga Sejahtera adalah bantuan tunai bagi keluarga kurang mampu, yang diberikan dalam bentuk rekening simpanan sebagai bagian dari strategi nasional keuangan inklusif. Pemberian bantuan ditujukan untuk mendorong akses terhadap sistem keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemerataan pendapatan serta menjaga stabilitas sistem keuangan. Pemberian simpanan merupakan perbaikan dari mekanisme pemberian bantuan tunai dalam bentuk Bantuan Langsung Masyarakat yang diberikan sebagai bagian dari paket kompensasi akibat penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak pada tahun 2013.

Peluncuran tahap awal tersebut akan dilakukan di 19 kabupaten/kota di 9 provinsi, yaitu: Jembrana, Pandeglang, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Cirebon, Kota Bekasi, Kuningan, Kota Semarang, Tegal, Banyuwangi, Kota Surabaya, Kota Balikpapan, Kota Kupang, Mamuju Utara, Kota Pematang Siantar, dan Karo. Peluncuran tersebut diperkirakan akan selesai pada pertengahan bulan Desember 2014.

 

Sumber : http://news.detik.com/read/2014/11/03/124802/2737237/10/luncurkan-tiga-kartusakti-ini-harapan-presiden-jokowi?9911012

Don't be shellfish, yuk share ...
Email this to someoneDigg thisShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter