Menilik Manfaat 2 'Kartu Sakti' Presiden Jokowi

Menilik Manfaat 2 ‘Kartu Sakti’ Presiden Jokowi

By  |  0 Comments

Presiden Joko Widodo akan meluncurkan dua ‘kartu saktinya’, Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) siang ini. Apa saja manfaat dari dua kartu andalan Jokowi tersebut?

Presiden Jokowi rencananya akan meluncurkan KIS dan KIP secara simbolis di lima kantor pos yang ada di Jakarta. “Beliau akan meluncurkan di 5 tempat wilayah Jakarta melalui kantor pos,” ujar Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani Jumat (31/10/2014) silam.

Puan kala itu menyatakan peluncuran kartu-kartu tersebut dapat terealisasi sebelum pemerintah menaikkan harga BBM. Ini dimaksudkan agar masyarakat kecil dapat tetap memenuhi kebutuhannya.

Berikut manfaat-manfaat 2 kartu tersebut:

Tak Cuma Pengobatan, KIS Juga Cakup Edukasi Kesehatan

Dengan KIS, tidak cuma pengobatan saja yang menjadi fokus. Perilaku hidup sehat merupakan hal penting dalam menjaga kesehatan. Untuk itu Menteri Kesehatan RI, Prof Dr dr Nila F. Moeloek, SpM(K), mengatakan pemegang KIS nantinya akan mendapatkan informasi tambahan saat dirinya berobat.

“Dengan KIS kita akan coba geser begitu dia berobat akan kita beritahu dengan sebaik-baiknya,” ujar Nila usai melakukan rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (31/10/2014) kemarin.

Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan (Dirjen BUK) Kementerian Kesehatan RI, Prof Dr dr Akmal Taher, SpU(K), mengatakan KIS yang berlaku merupakan penyempurnaan dari program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang telah berjalan. Jika JKN sebelumnya lebih fokus kepada usaha kuratif, kini dengan KIS usaha promotif dan preventif akan masuk dalam program. “Nanti dengan programnya JKN yang disempurnakan ini, akan ada selain dari pengobatan juga ada pencegahan penyakit,” kata Akmal saat ditemui di acara yang sama.

Akmal mengatakan peserta KIS nantinya dapat mengikuti program edukasi kesehatan oleh pemerintah. Detail program seperti apa masih akan dibahas teknisnya dalam rapat antar kementerian mendatang. “Program edukasi dan sebagainya itu akan lebih ditingkatkan. Dengan memegang kartu dia bisa ikut program itu nanti,” tutup Akmal.

 

Sumber : http://news.detik.com/read/2014/11/03/083047/2736864/10/1/menilik-manfaat-2-kartu-sakti-presiden-jokowi#bigpic

Don't be shellfish, yuk share ...
Email this to someoneDigg thisShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter