Menko Puan akan Gelar Rakor Khusus untuk Monitoring KIP dan KIS

Menko Puan akan Gelar Rakor Khusus untuk Monitoring KIP dan KIS

By  |  0 Comments

Menko Puan akan Gelar Rakor Khusus untuk Monitoring KIP dan KIS

Jakarta – Presiden Jokowi telah meluncurkan ‘kartu sakti’ andalannya hari ini di 5 kantor pos di Jakarta. Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani bersama jajaran kementerian di bawahnya akan mengadakan rapat koordinasi (rakor) untuk mengawal penyaluran tersebut agar tepat sasaran.

“Ini menjadi salah satu perhatian khusus dari kementerian terkait tanggung jawab memonitoring tidak hanya di satu tempat. Semuanya wajib memonitoring,” kata Puan di Kemenko PMK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (3/11/2014).

“Nanti ada rakor khusus untuk memonitoring,” sambungnya.

Untuk memantapkan penyaluran bantuan, Puan menegaskan akan melalui satu pintu kementerian. Kebijakan ini mulai diberlakukan tahun depan.

“Melalui 1 pintu penanggungjawabnya tetap Depsos, programnya dibuat melalui satu pintu bahwa ini menjadi sinergi kementerian terkait. Jadi memang intinya sesuai arahan presiden apapun bantuan dan kebijakan rakyat semuanya tidak dilakukan sendiri-sendiri,” ujar putri Megawati Soekarnoputri tersebut.

“Penyalurannya tetap melalui Depsos. KIS melalui Kemenkes, KIP dengan Kemendikbud, Ristek dan Dikti. Salurannya satu atap melalui e-money, KIS dan KIP dananya itu bisa kita ambil di kantor pos dan Bank Mandiri,” paparnya.

KIS dapat digunakan di sejumlah rumah sakit yang sudah terdaftar tak hanya untuk keperluan pengobatan, tetapi juga untuk pemeriksaan sebagai langkah preventif. Sementara KIP untuk meng-cover program wajib belajar 12 tahun baru akan efektif tahun depan saat tahun ajaran baru dimulai.

 

 

Sumber: http://news.detik.com/read/2014/11/03/190225/2737834/10/menko-puan-akan-gelar-rakor-khusus-untuk-monitoring-kip-dan-kis?nd772204btr

Don't be shellfish, yuk share ...
Email this to someoneDigg thisShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter