Menko Puan: Lemhanas Berperan Penting Wujudkan Visi Pemerintahan Jokowi

Menko Puan: Lemhanas Berperan Penting Wujudkan Visi Pemerintahan Jokowi

By  |  0 Comments

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan revolusi mental bangsa Indonesia seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo.

Menurut Puan, Lemhanas merupakan salah satu lembaga negara yang memegang peranan strategis untuk mencetak dan mempersiapkan kader dan calon-calon pemimpin bangsa di berbagai level kepemimpinan, baik nasional maupun daerah.

‎”Melalui pendidikan atau kursus-kursus Lemhanas, diharapkan para calon pemimpin nasional dapat memahami fungsi dan tanggung jawab kepemimpinannya dalam mengemban amanat penderitaan rakyat sesuai dengan cita-cita proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 berdasarkan prinsip-prinsip Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Puan dalam keterangannya, Selasa (16/12/2014).

Dalam kesempatan itu, Puan lalu mengibaratkan ideologi sebagai meja statis yang berfungsi menjadi dasar kita berpijak dan sekaligus sebagai bintang penuntun yang menjadi pengarah bagi bangsa ini ke mana akan menuju cita-cita perjuangannya.

“Hingga saat ini, bangsa Indonesia masih terus dan akan tetap selamanya menjadikan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara serta sekaligus pandangan hidup bangsa (way of life) yang akan menjadi pedoman kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” demikian Puan, menegaskan.

Puan menjelaskan, tujuan dari Program Revolusi Mental bangsa Indonesia tersebut adalah agar terjadi akselerasi tujuan pembangunan nasional Indonesia sesuai dengan amanah kepada Pemerintahan Negara Indonesia sebagaimana termaktub dalam Pembukaan UUD NRI 1945, yaitu untuk: melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia; memajukan kesejahteraan umum; mencerdasakan kehidupan bangsa; dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

“Realitas atas situasi dan kondisi dalam negeri serta tantangan eksternal dari luar negeri yang terjadi saat ini adalah permasalahan yang kita hadapi sebagai sebuah bangsa. Oleh karena itu, diperlukan suatu rekayasa sosial bagi segenap bangsa Indonesia, baik komponen masyarakat umum maupun pemerintah dan penyelenggara negara lainnya agar dapat merubah berbagai tantangan tersebut menjadi peluang bagi upaya memajukan dan memakmuran bangsa,” tambahnya.

Salah satu upaya yang saat ini sedang dilakukan oleh pemerintah saat ini, kata Puan, adalah dengan memulai pembangunan revolusi mental bagi segenap bangsa Indonesia, baik untuk kalangan masyarakat umum, maupun di kalangan pemerintah serta penyelenggaran negara lainnya.

‎”Pada akhirnya, visi dan misi Pemerintahan Jokowi tersebut tidak akan dapat terlaksana dengan baik jika tidak ada kerja sama dan gotong royong dengan segenap komponen masyarakat dan terutama dengan lembaga-lembaga negara lainnya termasuk dengan Lemhanas,” lanjut Puan.

 

Sumber ; http://news.detik.com/read/2014/12/17/051633/2779641/10/menko-puan-lemhanas-berperan-penting-wujudkan-visi-pemerintahan-jokowi

Don't be shellfish, yuk share ...
Email this to someoneDigg thisShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter