Pengamat: Kekuatan Jokowi Lebih Besar Ketimbang KMP

Pengamat: Kekuatan Jokowi Lebih Besar Ketimbang KMP

By  |  0 Comments

Pengamat: Kekuatan Jokowi Lebih Besar Ketimbang KMP

Sejumlah anggota DPR RI, perwakilan fraksi partai pendukung pemerintah Jokowi-JK di DPR atau Koalisi Indonesia Hebat, saat akan memberi keterangan pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/10). (sumber: Suara Pembaruan / Joanito De Saojoao)

Medan - Koalisi Indonesia Hebat (KIH) tidak perlu merasa gerah dengan posisi penting di DPR yang diborong oleh Koalisi Merah Putih (KMP). Sebab, kekuatan KMP tidak ada apa-apanya ketimbang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

“Lebih baik anggota DPR yang tergabung dalam KIH bekerja maksimal mengawal pemerintahan untuk kepentingan rakyat,” ujar pengamat politik dari Universitas Sumatera Utara (USU), Wara Sinuhaji kepada SP, di Medan, Jumat (31/10).

Sinuhaji mengatakan, sebesar apapun kekuatan KMP yang mengandalkan Fadli Zon, Fahri Hamzah, apalagi Setya Novanto sebagai Ketua DPR, sama sekali tidak berarti dengan pengaruh yang dimiliki Jokowi dan JK. Oleh karena itu, KIH tidak perlu panik menghadapi KMP.

“Kekuatan Jokowi-JK bukan karena sebagai presiden dan wakil presiden melainkan dukungan rakyat. Rakyat dipastikan berada di garda terdepan jika program Jokowi-JK dihambat KMP di DPR. Kekuatan rakyat tidak bisa dianggap remeh,” katanya.

Sinuhaji meyakini, KMP tidak akan bertahan lama. Soalnya, musyawarah nasional (munas) dari elite partai yang ada di dalamnya, akan diselenggarakan terkecuali Partai Gerindra maupun Demokrat. Golkar bisa berbalik arah mendukung pemerintahan.

“PPP sudah mulai merapat. Golkar pun masih memungkinkan merapat ke KIH. Sebab, Partai Golkar ini akan menyelenggarakan munas. Tidak ada kata yang mustahil di dalam peta perpolitikan. Dalam waktu singkat dukungan bisa berubah,” sebutnya.

 

Sumber: http://www.beritasatu.com/politik/221842-pengamat-kekuatan-jokowi-lebih-besar-ketimbang-kmp.html

Don't be shellfish, yuk share ...
Email this to someoneDigg thisShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter