Ruhut: SBY Tahu Rencana 'Pengkhianatan' Golkar

Ruhut: SBY Tahu Rencana ‘Pengkhianatan’ Golkar

By  |  0 Comments

Jakarta: Format kerjasama Demokrat dan fraksi partai pendukung pemerintah tidak sekedar respon atas hasil Munas Golkar di Bali. Politikus Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, menjelaskan sikap itu telah dibahas jauh hari sebelumnya. “Pak SBY sudah tahu rencana pengkhianatan Golkar sejak lama,” kata Ruhut, 9 Desember 2014.

Ruhut menjelaskan, indikasi pengkhianatan itu terlihat dari pernyataan Ketua Umum Golkar, Aburizal Bakrie, yang menolak pengesahan perpu pilkada langsung sebelum penyelenggaraan Munas. Demokrat menilai sikap itu sebagai bentuk pengkhianatan atas kontrak politik yang dibuat dengan koalisi pendukung Prabowo. “Jadi bukan mendadak karena Munas Bali.

Peluang koalisi dibangun Demokrat dengan fraksi pendukung pemerintah. Langkah itu tercermin dari pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara kemarin.
Keduanya membahas peluang pengesahan perpu pilkada pasca rekomendasi penolakan Perpu oleh peserta Munas Golkar.

Menurut Ruhut, dukungan Demokrat terhadap pengesahan Pepru Pilkada tidak berarti partainya beralih koalisi secara permanen dengan koalisi fraksi pendukung pemerintah.

 

Sebab, sejak awal Demokrat telah mendeklarasikan diri sebagai partai penyeimbang. “Kami tidak di KMP atau KIH. Kami berpihak pada isu-isu yang mendukung kepentingan rakyat.”

Karena sikap itu, kata Ruhut, Demokrat akan menjadi mitra strategis yang bisa mendukung dan mengkritik sikap pemerintah.

“Sebelum berangkat ke Korea Selatan, Pak SBY pernah menyampaikan pesan, apapun kita harus dukung pemerintahan Jokowi. Jangan sampai ada pemikiran untuk menjatuhkan pemerintahan di tengah jalan.”

Kalaupun ada kebijakan yang dianggap tidak sesuai, SBY meminta para kadernya yang kini duduk di DPR menyampaikan kritik yang konstruktif. “Fungsi DPR harus tetap jalan. Kita tidak cuma mengkritik, tapi juga harus memberikan solusi,” kata Ruhut. Terkait isu Pilkada, Ruhut menilai partai yang menolak pengesahan perpu akan ditinggalkan rakyat.

 

Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2014/12/10/078627509/Ruhut-SBY-Tahu-Rencana-Pengkhianatan-Golkar

Don't be shellfish, yuk share ...
Email this to someoneDigg thisShare on FacebookShare on Google+Share on LinkedInPin on PinterestPrint this pageShare on RedditShare on StumbleUponShare on TumblrTweet about this on Twitter